Mentee INDEED 2017




well, hari ini aku akan share pengalamanku daftar program Mentee Indeed 2017 yang diselenggarakan oleh IYOIN (Indonesian Youth Opportunities in International networking). IYOIN  merupakan NGO yang sepertinya memiliki concern di bidang pendidikan, kepemudaan dan jaringan internasional (kata websitenya). Nah, IYON sendiri punya salah satu program mentoring beasiswa ke luar negeri yang disebut "INDEED", dan setahu aku, program ini sudah dilaksanakan selama dua tahun ini (2016 dan 2017), dimana mentornya itu merupakan mahasiswa atau alumni universitas luar negeri dari berbagai negara yang nantinya akan membimbing langsung para peserta (mentee) untuk ditempa dan dilatih tips dan trik pendaftaran kuliah ke luar negeri, beasiswa dll.

Awal aku tahu program ini dari adik kelas ku, sebut saja dia Adil, yang mention namaku di laman instagram IYOIN :D aaa, aku tertarik banget karena memang dari dulu aku punya mimpi besar untuk kuliah abroad ;') istajib du'a ana ya Allah :D :D, dan akhirnya aku iseng - iseng daftar di hari terakhir! Deadline 23:59 WIB tanggal 31 Agustus, dan aku baru mulai bikin essay dan segala macam tetek bengeknya dari jam 9 (please jangan ditiru, mendingan kalau mau daftar2 begini, siapin dari jauh - jauh hari ;'). aku baru apply karena memang baru sempet dan bodohnya lupa liat tanggal deadline >.< untung keburu.

Singkat cerita, hari pengumuman tiba, yakni tanggal 6 Agustus, namun karena ada sesuatu hal jadi undur tanggal 7 Agustus dan aku sudah pasrah diterima atau enggak ;') karena apalah aku yang bukan siapa siapa dengan prestasi yang biasa biasa aja, ditambah daftar di waktu genting saat deadline T.T
hm... tapi Allah ternyata punya rencana lain, Dia lantas memberiku kejutan yang tak pernah aku sangka T.T di tengah bulan yang sedang mengalami gerhana, tiba tiba sebuah email masuk, isinya begini kira kira:


Alhamdulillah "ala Kulli Hal.. sekarang tinggal menjalani tantangan dua bulan ke depan, meskipun sebenarnya tidak ada jaminan akan bisa kuliah dan dpt beasiswa ke luar negeri, setidaknya aku masih diberi kesempatan bergabung dengan orang orang yang memiliki mimpi yang sama, biar semangatku terus berkobar, yeaah. hiihi....


Nah, buat kamu yang tahun depan ingin mencoba program ini, saya kasih tips sedikit ya.
Di pendaftaran kemarin ada beberapa pertanyaan yang jadi poin penting yang sepertinya jadi pertimbangan utama para panitia penyeleksi, diantaranya kamu akan ditanya: apa motivasi mengikuti INDEED, Harapan yang ingin dicapai setelah mengikuti INDEED,  Kontribusi yang ingin saya berikan untuk Indonesia 5 tahun mendatang,  dan pencapaian terbesar dalam hidup. 

Tipsnya ketika kamu menjawab semua pertanyaan itu, jangan berikan jawaban umum (yang biasa orang lain jawab), apalagi pertanyaan tentang kontribusimy untuk Indonesia. Beri jawaban yang benar benar tulus dari hati kamu (yang khas), yang menunjukkan bahwa kamu layak dipilih untuk ditempa menjadi agen perubahan negeri ini ^_^ yampun bahasanya tinggi banget, padahal yang nulis ini belum tentu kaya gini yaa :') hehe.. 

pokoknya jangan pernah nulis motivasi kamy itu semata mata buat bisa kuliah di luar negeri, terus dapat kerjaan bagus, dan lain lain.. itu selfish banget, pokoknya mulai sekarang pikirin baik baik apa sebenarnya kontribusi  yang pgn kamu kasih ke Indonesia. karena rata - rata pertanyaan ini juga dipakai di sebagian tes beasiswa. hehee... 


selamat mencoba ^_^ doakan aku biar bisa istiqomah ikutin programnya ya! 
terimakasih banyak


Jeanne Isbeanny 
Kosan, 08 Agustus 2017)
2:39 a.m

Komentar

Postingan Populer